Yuk Sederhanakan Hijab Supaya Syar'i!



Di berbagai belahan dunia, banyak wanita yang terbuka hatinya untuk mengenakan Hijab, pakaian yang diwajibkan bagi setiap muslimah ini. Terlepas dari apakah syar'i atau tidaknya, berbagai model hijab sudah mulai menjadi trend. Ada yang nutup seluruh badan, ada yang sedada, ada juga yang cuma seleher doang. Kira-kira semuanya itu udah termasuk berhijab belum?

Allah berfirman:

"Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (Al Ahzab : 59)




Hijab adalah tuntutan bagi wanta muslimah, yang kriterianya sudah ditentukan oleh agama kita. Banyak yang terjebak dengan berbagai bentuk model dan nilai trennya, lalu tidak peduli atau lupa apakah syarat-syarat ke syar'i-annya sudah terpenuhi. Dengan dalih megekspresikan hijab, kita menjadi tersesat. O my God!



Berhijab bukan sekedar mengikuti trend fashion, atau biar terlihat mirip artis A yang ayu banget dengan gaya hijabnya. Hijab adalah kewajiban setiap muslimah yang sudah ditetapkan dalam Al-Qur'an, maka berhijab adalah cara kita untuk taat dengan perintahNya.

Apasaja syarat-syarat supaya hijab menjadi Syar'i?

Hijab yang kita kenakan haruslah memenuhi beberapa syarat sebagai berikut:

1. Menutup seluruh anggota tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.
2. Memakai pakaian yang longgar, tebal (tidak tipis dan tidak menerawang), dan tidak membentuk lekuk tubuh.
3. Memakai pakaian yang tidak menyerupai laki-laki dan non muslim.
4. Tidak tabarruj alias berlebihan (bermewah-mewah atau mencolok) dalam berpakaian.
5. Tidak memakai kerudung yang berbentuk seperti punuk unta.

So, periksa kembali apakah pakaianmu, Cantik. Apakah pakaianmu sudah memenuhi syarat untuk berhijab? Yuk sederhanakan hijab.


0 comments: